28 August 2009

TIME BASED ATAU VOLUME BASED, PILIH YANG MANA??


Sekarang-sekarang ini perang tarif internet GSM dan CDMA terus digencarkan. Selain saling berkompetisi untuk jadi yang paling murah, para provider juga memudahkan para konsumennya dengan pilihan paket internet sesuai dengan penggunaan sang konsumer dalam melakukan koneksi internet.

Para provider telah menyediakan 2 pilihan paket internet. Yaitu, Time Based (berdasarkan waktu) dan Volume Based (berdasarkan volume). Mungkin orang yang sudah sering melakukan koneksi internet sudah tidak asing dengan dua pilihan paket ini. Namun, tidak sedikit pula orang-orang yang belum paham sehingga bingung harus memilih yang mana.


Sebenarnya, pemilihan paket internet sangat bergantung pada kebutuhan orang masing-masing. Kita ambil saja contoh tarif yang diberikan oleh salah satu provider GSM, INDOSAT IM3. Im3 menyediakan 2 paket internet, Time based dengan tarif Rp. 110/menit sementara untuk Volume based dengan tarif Rp. 1/Kb. Mana yang lebih murah ? itu kembali tergantung pada pemakaian anda.

Misalnya tujuan anda melakukan koneksi internet adalah untuk mendownload file MP3 sebesar 5 MB. Nah, jika anda menggunakan Volume Based, maka pulsa yang akan terpotong yaitu = Rp. 1 x 5120 (5 MB = 5120 KB) = Rp. 5120,-.
Namun jika anda menggunakan Time Based, kita asumsikan waktu yang dibutuhkan untuk mendownload lagu sebesar 5 MB adalah 20 menit, maka pulsa yang akan terpotong Rp. 110 x 20 = Rp. 2.200,-.
Mana yang lebih murah ?

Namun, jika tujuan anda berinternet ria hanya sebatas chating dan cek email, lebih baik anda menggunakan Volume Based, karena aktifitas itu hanya menghabiskan volume yang sedikit, jadi lebih baik menggunakan Volume Based.

Jadi mana yang akan anda pilih ? Tentu kembali lagi sesuai dengan tujuan anda melakukan koneksi internet.

**Jika ada saran maupun pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kopmentar atau shoutmix box...




Tutorial mudah mencari uang di internet untuk PEMULA, klik link dibawah ini:

1 comments:

newbi said...

wah blogger sekarang emang keren2
udah tulisanya keren
blognya keren
kayanya 2 jempol masih kurang nih
oragnnya pasti keren juga
hihiiii

 
Template design by Amanda @ Blogger Buster