09 January 2009

FILE MANAGER PONSEL JAVA ? INI DIA !


Sejatinya, ponsel dengan dukungan java tidak begitu akrab dengan aplikasi pengatur file. Ini karena program Java sendiri dikendalikan oleh semacam pemutar atau yang dikenal dengan Java Virtual Machine.

Meski begitu, ada beberapa pengembang yang tetap tertarik membuat aplikasi tersebut walaupun dengan konsekuensi keterbatasan fitur. Misalnya saja, aplikasi pengatur file java tentu tidak dapat mengakses direktori atau sistemfile ponsel.

Walaupun demikian, masih banyak fitur menarik lainnya yang bisa dikembangkan. Buktinya, beberapa aplikasi ini tetap punya kelebihan. Ini dia!


1. MobyExplorer


Seperti aplikasi lainnya, MobyExplorer juga menawarkan kemudahan akses ke file sistem ponsel. Selain itu, aplikasi berbasis Java J2ME (JSR-75 support) ini bisa pula melakukan pekerjaan semacam copy/paste, Rename, Delete, Memebuat Directory, Menampilkan Propertis File, Proteksi file hingga meneyembunyikan file.

Meski tampilannya sederhana, file manager ini support teknologi enkripsi militer serta bisa pula meng-edit tulisan (text editor) yang dilengkapi kemampuan untuk mengkompresi data via Gzip protocol.

Kemampuan lain yang tak kalah kerennya adalah Secure FTP over SSL/TLS (FTPS). Lewat fitur ini, Anda bisa terkoneksi langsung ke desktop PC untuk saling bertukal file dan tentunya terjamin keamanannya.

Untukmengorek informasi lebih rinci seputar aplikasi ini dan sekaligus mendownloadnya, Anda bisa mengunjungi http://www.bermin.net/mobyexplorer.html

2. PaderSyncFTP


Aplikasi freeware ini sejatinya menawarkan alternatif akses file manager perangkat mobile, semisal ponsel dengan lebih mudah. Sebagai FTP Client, aplikasi ini sudah dipersenjatai dengan kemampuan SSL/TLS encrypted control connection. Untuk proses enkripsi data yang super sensitif, PaderSyncFTP menggunakan AES-256.

Untuk fitur lain, aplikasi java MIDP 2.0 (CLDC 1.1) yang harus support JSR-75 ini, menyiapkan Zlib compression, akses data lewat proteksi password khusus serta kemampuan sinkronisasi file satu arah secara otomatis.

Cara mendapatkannya cukup mudah, coba saja masuk ke alamat berikut http://www.pader-sync.com/products.html?mobile_ftp_client.

3. Bluetooth File Transfer OBEX FTP


Bluetooth File Transfer (BTF) sejatinya digunakan sebagai piranti yang memudahkan anda mengirim dan menerima file via Bluetooth. Tapi dengan kemampuan OBEX dan FTP, menjadikan aplikasi ini lebih berbobot.

Bayangkan, anda dapat melihat, mengatur bahkan menghapus, merubah nama file yang terdapat di piranti lain yang terhubung via Bluetooth. Tidak cuma itu, anda pun dapat melihat, atau memutar file musik yang ada di piranti lain.

Sedangkan untuk fungsi di system file lokal, Anda dapat menyembunyikan data penting yang bersifat pribadi serta membuat file read only (tak bisa diubah). Selain itu, memindahkan data dari ponsel ke ponsel pun terasa lebih mudah.

Yang paling menggembirakan, aplikasi ini adalah berbasis java jadi bisa digunakan oleh pengguna ponsel-ponsel dengan dukungan J2ME MIDP 2.0 dan CLDC 1.1. Berminat? Coba download di www.getjar.com, gunakan fasilitas pencari (search) untuk memudahkan download.

0 comments:

 
Template design by Amanda @ Blogger Buster