14 January 2009

PILAH PILIH LAYANAN INTERNET CDMA


Perang tarif tampaknya masih akan berlanjut di 2009 ini. Syukur-syukur tak hanya tarif SMS dan bicara saja tapi juga biaya akses internetnya. Dengan begitu akan menggairahkan pengguna internet untuk memaksimalkan layanan operator selular mobile CDMA seperti Fren dan Smart maupun Fixed Wireless Access (FWA) semacam Flexi, Esia, Hepi dan StarOne.

Tarif internet tak dipungkiri memang masih menghantui para pengguna ponsel. Apalagi soal sistem pentarifan yang sampai saat ini masih membingungkan bagi sebagian orang. Sehingga banyak yang tak tahu bagaimana perhitungannya.

Nah disini saya akan mengulas lagi soal bagaimana cara berinternet menggunakan layanan Operator CDMA.


1. Tentukan Layanan

Semua operator CDMA kini memiliki layanan akses internet. Hanya saja soal tarif dan pola pentarifannya ada yang berbeda. Keduanya akan menentukan mana yang lebih hemat.

Pola pentarifan ada dua skema, pertama berbasis volume(volume based) dan yang kedua berbasis waktu (time based). Basis volume memotong pulsa tergantung dari besarnya trafik komunikasi data. Misalnya, apabila anda mendownload file yang besarnya 50 kb dengan tarif operator per kb-nya Rp. 5,- maka anda akan dikenakan tarif sebesarRp. 250,-. Sedangkan untuk berbasis waktu akan lebih mudah karena ditetapkan berdasarkan lamanya waktu akses.

Mana yang lebih hemat? Tentu saja tergantung dari keperluannya. Sebagai contoh, ketika kita ingin mendownload file yang besarnya mencapai 5 MB (sama dengan 5000 kb), maka jika kita menggunakan layanan berbasis volume dengan tarif Rp. 5,-/kb pulsa kita akan terpotong Rp. 25.000,-.

Namun apabila menggunakan sistem berbasis waktu dengan tarif Rp. 200/menit dan waktu download sebanyak 5 Mb hanya butuh waktu 15 menit berarti tarifnya hanya Rp. 200,- x 15 = Rp. 3000,- saja. Meski begitu, berapa lama waktu downloadnya tergantung dari kualitas jaringan.

2. Tarif

Setelah mengetahui skema pentarifannya, kita harus jeli memilih tarif yang paling murah. Ini dia tabel tarif internet operator CDMA untuk pelanggan prabayar termasuk PPN.



3. Jangkauan

Selain tarif yang tak kalah penting perhatikan jangkauan layanannya. Operator CDMA mobile seperti Smart dan Fren memiliki daya jelajah yang lebih luas dari operator FWA. Apabila anda sering bepergian ke luar kota, layanan internet dari kedua operator ini bisa dimanfaatkan.

Meski begitu, ada operator FWA semisal Flexi yang memperluas layanan internetnya di luar jangkauan kode area utama dengan bantuan layanan Combo Plus.

Jika anda sudah melirik tarif yang murah, coba juga kualitas jaringannya apakah di daerah anda cukup baik.

4. Perangkat yang Tepat

Banyak ponsel yang bisa dijadikan modem internet untuk PC. Tetapi ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. Apabila pengunaan internet anda tetap bisa mencapai 2 jam dalam satu kali akses, tidak direkomendasikan menggunakan modem ponsel.

Hal itu akan berakibat pada daya tahan ponsel tersebut. Contoh yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada baterai. Penyebabnya adalah terlalu panas sehingga bisa membuat baterai menjadi kembung. Selain itu tidak praktis karena baterai harus sering diisi ulang. Jadi, sebaiknya gunakan modem CDMA khusu untuk PC.

5. Hemat

Penghematan bukan Cuma soal tarif. Bisa juga dengan pemakaian yang benar. Jika anda menggunakan layanan internet dengan pentarifan berbasis volume, maka penghematan bisa dilakukan dengan cara meminimalisir besarnya data. Misalnya ketika ingin mengirimkan file melalui email, file yang akan dikirim bisa dikecilkan (kompres) menggunakan aplikasi WinZip.

Cara lainnya, khususnya ketika anda sedang browsing, nonaktifkan fitur multimedia seperti gambar, video streaming dll.

Tak ada salahnya anda juga memasang aplikasi atau software Internet Traffic Monitoring agar pemakaian internet anda bisa tercatat. Sehingga pemakaiannya pun bisa dihitung untuk kemudian dibandingkan dengan berkurangnya jumlah pulsa anda.

2 comments:

darmaone said...

dirmhku cm ada signal flexi,, tp krng tarif flexi naik,, yang volume based Rp.220/menit kurang ajar bnget Si TELKOM!!!....modem cdmaku krg nganggur.... hiks2....
salam kenal,, kunjungi jg blogq www.baliunitet.co.cc

darmaone said...

sory salah ketik alamat blog,, yang bener www.baliunited.co.cc

 
Template design by Amanda @ Blogger Buster