14 January 2009

CARA SETTING PONSEL SEBAGAI MODEM DI KOMPUTER


Setelah memposting internet murah dengan Indosat yang cuma Rp. 1200/jam, banyak teman-teman yang bertanya bagaimana cara menyetting ponsel sebagai modem untuk berinternet di komputer agar dapat merasakan layanan ini.

Tentu saja merupakan hal yang biasa bagi orang yang sering melakukan hal ini, namun masih banyak juga teman-teman kita yang belum mengetahui caranya. Untuk itu, disini saya akan menjelaskan step by step agar mudah dipahami oleh semua teman-teman.

Memang sih, kalau dihitung-hitung jika internet-an di hp dengan tarif ini (Time Based) agak sedikit kurang memuaskan, pasalnya tampilan di layar ponsel dengan di komputer sangat berbeda. Mungkin terasa jadi agak mahal juga, jadi lebih baik kalau internet-an di ponsel lebih baik pake yang Volume Based saja, lebih irit.

Namun, jika anda ingin berinternet di komputer dengan menggunakan ponsel sebagai modemnya, tentu harus menggunakan yang Time Based.

Tidak sabar untuk internet-an di komputer? Simak langkah-langkah berikut:


1. Pastikan handset (ponsel) anda mendukung fasilitas modem. Biasanya ponsel terbaru sekarang-sekarang ini sudah mendukung fitur ini.

2. Install driver untuk modemnya, namun jika anda punya semacam Pc Suite (Nokia) atau Mobile Phone Tools (Motorola) dan telah menginstalnya, secara otomatis driver modem ponsel anda telah terinstal. Untuk mengeceknya masuk ke phone and Modem Option di Control Panel. Pilih Modem, lihat apakah modem anda telah tertulis disitu.


3. Namun jika anda tidak memiliki software tersebut, anda tinggal mencari driver modemnya saja di google. Gunakan kata kunci seperti ‘Nokia N70 modem driver download’ atau semacamlah.

4. Setelah mendapatkan drivernya, tinggal di instal. Caranya masuk ke Phone and Modem Option >> Piih tab Modem >> Add >> checklist pada ‘Don’t detect my modem; i will select it from a list’ >> Next >> Have Disk >> Browse >> Cari file driver yang anda sudah download tadi >> Open >> Ok. Setelah itu akan muncul di kotak, driver modem yang akan anda instal.

5. Tekan Next >> Pilih port ponsel anda (Dapat dilihat di masuk ke system di control panel, pilih tab hardware, pilih device mannager, pada kotak lihat di ports (COM & LPT)). Misal, COM3 >> kemudian next >> tunggu proses instal >> finish.

6. Setelah modem terinstal, ponsel anda akan terbaca sebagai modem di kotak tab modem. Kemudian lakukan settingan Dial Up, yakni settingan untuk konek ke internet. Berikut langkah-langkahnya :

7. Masuk ke network Connection di Control Panel >> klik Create New Connection >> Next >> pilih Connect to the Internet (Paling atas) >> Next >> pilih Set Up Connection Manually (Yang kedua) >> Next >> Pilih yang paling atas >> Next >> Masukkan ISP Name (Terserah) >> Next >> Masukkan phone Number, isi dengan *99***1# >> Next >> Isi User Name dan Password, isi dengan indosat@durasi >> Next >> Finish.

8. Coba lakukan dial up, klik dua kali pada dial up yang telah kita buat tadi, klik dial. Selamat berinternet..

Untuk tambahan, kecepatan yang tampil di pojok kanan bawah layar adalah bukan kecepatan akses internet sebenarnya, melainkan kecepatan antara modem ponsel dengan komputer.

Untuk mengecek kecepatan internet sebenarnya dapat mengetes di www.sijiwae.net/speedtest.

1 comments:

mezzaluna said...

q pake SE w200 neh..gimana caranya

 
Template design by Amanda @ Blogger Buster