19 January 2009

MOBILE ORGANIZER, ORGANIZER SYMBIAN YANG SERBA BISA!


Ponsel symbian sebenarnya sudah menyertakan aplikasi untuk catatan pribadi berupa notes sebagai ‘office’. Namun catatan yang sudah disertakan pada ponsel memiliki keterbatasan dalam karakter dan banyaknya notes yang dapat dibuat. Beberapa pengembang menyediakan aplikasi organizer yang melebihi kemampuan aplikasi bawaan ponsel, yang biasanya tidak gratis.

Jangan kuatir, tetap ada koq organizer gratisan dengan kemampuan tak kalah dengan organizer berbayar sekalipun. Salah satunya ‘Mobile Organizer’ yang diperuntukkan bagi ponsel Symbian7 dan Symbian8.

Aplikasi sederhana namun bermanfaat ini menyediakan fasilitas pembuat notes atau catatan dengan karakter tanpa batas halnya aplikasi pengolah kata biasa.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan notes berupa rekaman dengan durasi tanpa batas (tergantung memori ponsel). Hasil rekaman akan tersimpan dan dapat diputar ulang. Tidak hanya itu, catatan atau rekaman itu dapat diputar pada tanggal dan jam yang diatur sesuai keinginan kita sendiri. Mau tau cara pengunaannya?


1. Download aplikasinya secara gratis di bawah postingan ini. pastikan aplikasi yang didownload sesuai dengan tipe ponsel yang dimiliki

2. Transfer file hasil hasil download ke ponsel.

3. Buka menu > pilih organizer > options > open

4. Untuk membuat notes pilih options > add notes > text note > ketikkan kalimat yang anda inginkan > option > save.

5. Untuk menampilkan catatan yang telah dibuat, pilih options > view notes > all (selected) > select

6. Untuk membuat catatan berupa rekaman, pilih options > add note > voice note > tekan tengah joystick untuk memulai dan menghentikan perekaman > pilih options > save. Selanjutnya aplikasi akan kembali ke menu yang menampilkan isi catatan.

7. Untuk menghapus catatan cukup dengan memilih catatan yang hendak dihapus, klik options > remove note > keluar notifikasi, pilih Ya.

8. Bila catatan yang dibuat dirasa kurang sempurna dan ingin diubah, pilih options > edit note > klik kanan dan arahkan kursor pada kata yang ingin diubah. Demikian juga halnya dengan mengubah catatan berupa rekaman. Hanya bedanya anda diharuskan merekam ulang dan rekaman sebelumnya akan hilang dengan sendiri digantikan oleh rekaman yang baru.

9. Catatan yang dibuat secara default adalah ToDo. Bila ingin merubahnya menjadi reminder pada setiap kali membuat catatan, buka view notes > reminder > select. Jadi terdapat pilihan untuk menampilkan catatan sesuai dengan pilihan (apakah ToDo saja atau Reminder saja).

10. Bila ingin menampilkan catatan pada waktu yang kita ingini, klik options > personalize note > arahkan pada repeat > pilih ‘do not repeat’ (tanpa pengulangan), every day (mengulang setiap hari), every week (mengulang setiap minggu) atau every month (mengulang setiap bulan). Pada aplikasi yang diperuntukkan bagi symbian7, pengaturan waktu (berdasarkan jam dan menit) untuk menampilkan catatan tidak tersedia. Jadi catatan akan keluar sesuai dengan jam dan menit catatan dibuat. Selanjutnya akan keluar notifikasi apakah perubahan akan disimpan, pilih Ya.

Mudah bukan! Selamat mencoba.

Silahkan download gratis Mobile Organizer dengan klik link dibawah ini:

   Download Aplikasi


1 comments:

danielrossi said...

saya ingin tanya apakah aplikasi ini bisa bekerja pada java phone(bukan symbian),misal:siemens?trimakasih.

 
Template design by Amanda @ Blogger Buster